Budayakan Guru Menulis dan Melek TI

Roadshow Perdana di Telkom Pasuruan

MALANGMembudayakan guru menulis dan melek teknologi informasi. Itulah misi yang diusung Rumah Ilmu Indonesia (RII) Simpul Jatim dalam penyelenggaraan road show pendidikan bagi guru se-Jawa Timur (Jatim). Terkait hal itu, RII Simpul Jatim mengadakan seminar ”Kiat Menulis Opini di Media Massa” dan pelatihan ”Membuat Blog Guru untuk Pendidikan.”

Menurut Manajer RII Simpul Jatim Gatot Mulyono, kegiatan tersebut bertujuan untuk memacu guru dalam membuat karya tulis ilmiah sekaligus bisa membuat dan mengelola blog untuk pendidikan. ”Menulis belum menjadi budaya, termasuk di kalangan guru. Indikasinya, masih ada pangkat guru yang tertahan karena belum membuat karya tulis. Karena itu, kami ingin mengajak para pendidik untuk meningkatkan kompetensinya di bidang karya tulis ilmiah,” tuturnya Sabtu lalu (25/9).

Dia menambahkan, road show pendidikan itu diadakan di sepuluh kota/kabupaten se-Jawa Timur. Yakni, Surabaya, Gresik, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Madiun, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Mojokerto. Acara tersebut juga didukung oleh Telkom, Axioo, dan Intel. ”Pasuruan menjadi tuan rumah pertama seminar dan pelatihan ini pada Sabtu, 25 September 2010,” tutur Gatot. Acara tersebut juga didukung Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan.

Gatot mengatakan, pihaknya menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya. Untuk seminar ”Kiat Menulis Opini di Media Massa,” RII Jatim mengundang kolumnis dan editor Jawa Pos Eko Prasetyo sebagai narasumber. Gatot menuturkan, penyelenggaraan seminar menulis opini kali ini juga terkait dengan program Untukmu Guruku Jawa Pos 2010 yang akan dimulai pada 28 Oktober mendatang. Salah satunya, program tersebut membuka rubrik khusus artikel guru. Diharapkan, selepas dari seminar tersebut, para peserta tertarik untuk membuat artikel opini dan mengirimkannya ke koran.

Setelah seminar menulis opini, acara dilanjutkan dengan pelatihan Membuat Blog Guru untuk Pendidikan. Pemateri yang dihadirkan adalah Wilda Satya Perdana, praktisi TI dan founder Wilda Bs3. Road show pendidikan tersebut akan dimoderatori oleh Akhmad Adiasta, penyiar radio Mitra 97 FM Malang. Untuk informasi lebih lanjut, bisa langsung menghubungi Gatot Mulyono di nomor 081931896280. (ep/rii)

Tentang riijatim
Rumah Ilmu Indonesia Simpul Jawa Timur

Tinggalkan komentar